December 2, 2022
Wujudkan Kehidupan Sosial dan Kerja yang Seimbang dengan 1 Aplikasi

Jakarta

Fleksibilitas dan produktivitas adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan pekerja sebagai persiapan untuk masa depan kerja yang lebih kuat. Dengan kembalinya aktivitas seperti semula, para pekerja mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan kedua hal tersebut.

Untuk itu, perusahaan harus mulai memikirkan kembali budaya kerja hybrid. Budaya ini dapat menjadi sistem kerja yang mendukung kesejahteraan dan work life balance karyawan. Sehingga fleksibilitas dan produktivitas kerja antara perusahaan dan karyawan dapat terwujud.

Laporan Studi Kerja Hybrid Global Cisco 2022 mengungkapkan hasil karyawan yang selama dua tahun terakhir telah menerapkan sistem kerja jarak jauh dan hybrid. Sebanyak 61,4% responden percaya bahwa sistem ini telah meningkatkan kualitas pekerjaan mereka dan sebanyak 60,4% responden telah mengalami peningkatan produktivitas dalam bekerja.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Sistem kerja jarak jauh dan hybrid ini sempat diragukan oleh banyak perusahaan karena dikhawatirkan akan melemahkan kinerja bisnis dan kinerja karyawan. Namun, penelitian yang dilakukan oleh Cisco mengungkapkan ketakutan mereka sama sekali tidak berdasar. Hal ini juga didukung dengan banyaknya manfaat positif yang diperoleh perusahaan dan karyawan.

Keseimbangan Kehidupan Kerja

Istilah work-life balance sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, apalagi work-life balance sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Cisco juga melakukan penelitian yang mengacu pada penghematan waktu untuk sistem kerja hybrid.

64,2% responden dapat menghemat setidaknya empat jam seminggu dan 25,8% dapat menghemat setidaknya delapan jam atau lebih dalam seminggu. Hasilnya, 44% responden dapat menghabiskan waktunya untuk keluarga, teman, dan lainnya. Sedangkan 20,2% memberikan waktunya untuk perawatan diri.

Dapat disimpulkan bahwa metode kerja hybrid berpengaruh positif terhadap semua bidang kesejahteraan karyawan. Selanjutnya, hasil penelitian diulas dalam informasi berikut

Dengan tetap berpegang pada sistem kerja hybrid, tidak heran jika lebih dari tiga perempat dari 76,3% responden mampu menghemat uang selama setahun terakhir, terutama dalam penghematan bahan bakar sebesar 86,6%. Serta penurunan 74% dalam pengeluaran untuk makanan dan hiburan.

67,9% responden percaya hybrid work berdampak positif pada kondisi fisik mereka, sekitar 19,3% responden di Indonesia berpendapat sama. 70,6% mengatakan mereka dapat berolahraga lebih banyak dengan peningkatan rata-rata 2,5 sesi latihan ekstra per minggu.

Laporan Cisco menunjukkan bahwa 73,7% responden percaya bahwa kerja hybrid telah meningkatkan hubungan keluarga, sementara 50,7% juga menyatakan bahwa hubungan mereka dengan teman juga meningkat. 55,4% mengatakan pekerjaan jarak jauh atau hybrid telah meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri mereka.

Kesejahteraan Mental dan Emosional

82,2% responden mengatakan kemampuan untuk bekerja dari mana saja membuat mereka lebih bahagia, lebih dari setengah 54,7% menyatakan bahwa kerja hybrid telah mengurangi tingkat stres mereka, dan sebanyak 28,8% menyatakan bahwa kerja hybrid memiliki sistem kerja dan lingkungan kerja yang lebih santai yang kurang stres.

Penggunaan teknologi yang tepat tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan juga kesejahteraan karyawan. Cisco memberikan solusi teknologi kolaborasi melalui Cisco The All New Webex dengan mengutamakan keamanan data dan fleksibilitas dalam mendukung metode kerja hybrid untuk work-life balance. Solusinya disajikan sebagai berikut.

1. Panggilan Webex

Solusi panggilan berbasis cloud untuk menghadirkan komunikasi dan kolaborasi secara simultan. Panggilan Webex menghadirkan pengalaman panggilan dan kolaborasi yang mulus menggunakan layar belakang virtual, fitur peredam bising, dan bahkan video berkualitas tinggi. Sempurna untuk membuat atau menerima panggilan bisnis di mana saja dan di perangkat apa pun.

Foto: dok. Cisco

2. Rapat Webex

Aplikasi ini menyederhanakan alur kerja setiap perusahaan. Jadi, Anda dapat mengoptimalkan produktivitas dan pengalaman rapat yang aman dengan berbagi video, audio, dan konten terintegrasi di perangkat apa pun, di mana pun.

3. Pesan Webex

Perpesanan Webex membuat kolaborasi menjadi sangat menarik dan mudah. Dengan sistem keamanan yang tinggi, semua pesan, kontak, dokumen, dan konten akan disimpan dan dikelola dengan aman di Webex Messaging. Aplikasi ini juga memudahkan karyawan untuk tetap berhubungan dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal, terlepas dari lokasi dan zona waktu.

Foto: dok. Cisco

Aplikasi Webex adalah solusi kolaborasi terbaik untuk sukses dalam metode kerja hybrid. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana solusi Webex menyederhanakan alur kerja dengan Panggilan, Rapat, dan Perpesanan dalam satu aplikasi, Anda dapat membaca ulasan produk The All New Webex. Nikmati pengalaman kolaborasi yang konsisten dan aman di semua perangkat.

Selain manfaat yang diperoleh setiap karyawan dari sistem kerja hybrid, dampak kolektif yang positif terlihat dalam hal membangun dan mempertahankan budaya perusahaan yang kuat dan sehat. Sistem kerja hybrid telah meningkatkan setiap area. Mulai dari kinerja bisnis, kinerja karyawan, work-life balance, kesejahteraan, dan budaya perusahaan.

Baca lebih lanjut Laporan Cisco Global Hybrid Work 2022 tentang budaya kerja hybrid dari perspektif multi-generasi dan gunakan sebagai referensi dalam membangun strategi kerja hybrid yang tepat di perusahaan.

Tonton video “Amber Heard Menjadi Selebriti Paling Banyak Dicari di Google”.
[Gambas:Video 20detik]

(Promosi Konten/NTT-Cisco)