December 1, 2022
Waduh, Kasus Kematian Covid-19 di China Meningkat

Jakarta, CNBC Indonesia – China kembali melaporkan dua kematian baru akibat Covid-19 pada Senin (21/11/2022). Itu terjadi ketika langkah-langkah baru yang ketat diberlakukan di Beijing dan di seluruh negeri untuk membendung gelombang infeksi terbaru.

Mengutip AFP, kematian pada Senin melibatkan seorang wanita berusia 91 tahun dengan riwayat stroke dan penyakit Alzheimer. Sedangkan seorang lainnya adalah pria berusia 88 tahun dengan riwayat kanker, bronkitis, dan stroke, kata otoritas setempat.

Sehari sebelumnya, tepatnya Minggu (20/11/2022), pihak berwenang China telah menemukan kematian baru pertama akibat Covid-19 sejak Mei atau hampir 6 bulan terakhir. Korban adalah pria berusia 87 tahun yang kondisinya memburuk setelah tertular kuman.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Kasus baru Covid-19 di ibu kota Beijing melonjak menjadi 962 pada Senin dari 621 hari sebelumnya. Ini terjadi ketika pihak berwenang mempertahankan tambalan pembatasan untuk menekan kerusuhan yang muncul.

Hampir 600 wilayah kota sekarang “berisiko tinggi”, mengharuskan penduduk untuk mengisolasi diri selama beberapa hari di unit perumahan mereka atau pindah ke fasilitas karantina negara.

Di beberapa lingkungan, sekolah telah diperintahkan untuk memindahkan kelas secara daring dan pekerja kantor diminta untuk bekerja dari rumah.

Pembatasan garis keras juga diberlakukan di kota-kota termasuk pusat industri selatan Guangzhou, tempat puluhan ribu kasus baru muncul dalam sepekan terakhir, dan Shijiazhuang utara, tempat pejabat memerintahkan penduduk di enam kabupaten untuk menjalani tes massal.

Sedangkan kebijakan zero covid secara umum masih diterapkan. Strategi tersebut masih menghambat pertumbuhan ekonomi, mengisolasi Beijing di panggung internasional, dan bahkan memicu protes yang jarang terjadi di negara di mana perbedaan pendapat secara rutin ditumpas.

Awal bulan ini, pemerintah mengeluarkan 20 peraturan untuk mengoptimalkan “Covid-zero”, mengurangi waktu karantina kedatangan di luar negeri dan menyederhanakan sistem penilaian risiko penularan.

China mencatat sekitar 27.000 kasus domestik baru pada hari Senin, menurut Komisi Kesehatan Nasional. Negeri Tirai Bambu itu kini mencatat total 288.562 infeksi dan 5.229 kematian, menurut data Worldometers.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Berikutnya

Waspada Kasus Baru Covid-19, BOR di RS Menanjak

(wow)