December 2, 2022
Timnas Inggris Lagi Oke, Wajar Diincar Banyak Pelatih


Doha

Gareth Southgate tidak khawatir dengan rumor penggantinya sebagai pelatih Timnas Inggris. Ini menunjukkan performa di The Three Lions sudah oke.

Southgate memainkan turnamen besar ketiganya bersama Inggris. Bersama Southgate, prestasi Inggris memang bangkit setelah lama terpuruk.

Mereka berhasil finis keempat di Piala Dunia 2018 dan menjadi runner-up di Euro 2020 dengan tim yang kebanyakan berisi pemain muda. Kegagalan di UEFA Nations League 2022 untuk terdegradasi menjadi satu-satunya cacat dalam perjalanan Southgate sejauh ini.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Namun, fans Inggris masih membutuhkan trofi untuk membuktikan Southgate. Karenanya, Piala Dunia 2022 disebut-sebut sebagai ujian terakhir Southgate, apakah ia bisa memenuhi kontrak hingga 2024 atau tidak.

Jika Inggris gagal melampaui prestasi mereka empat tahun lalu, maka Southgate siap menyerahkan posisinya kepada pelatih lain. Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganti Southgate.

Mengenai masalah ini, Southgate tidak mau terlibat. Sebab, isu ini selalu ada selama dia melatih Inggris dan dia bahkan senang saat pelatih lain tertarik dengan kursinya sekarang.

Artinya, performa Southgate di Inggris diakui mampu menghimpun pemain muda yang belum berpengalaman menjadi tim yang solid.

“Kami membuat yang tidak mungkin tampak mungkin. Ya, lihat, mungkin kami membuat segalanya menjadi mungkin dan orang lain tertarik dengan tim ini. Saya bisa mengerti itu,” kata Gareth Southgate seperti dilansir ESPN.

“Kami ingin Inggris menjadi kompetitif selama bertahun-tahun yang akan datang dan saya yakin sistem akademi kami dapat mendukungnya.”

“Saya rasa masih banyak tantangan di dalamnya karena kami bisa memilih 31 persen pemain dari liga untuk timnas Inggris dan hanya empat atau lima pemain dari luar liga top. Jadi masih ada tantangan bagi kami dalam pengembangan pemain. dan kesempatan bermain.”

“Tapi kami juga berhasil mendapatkan beberapa pemain bagus. Dan kami harus bisa bersaing selama enam, delapan tahun ke depan dengan tim ini.”

(mrp/krs)