December 1, 2022
Tergiur iPhone Murah, Banyak Konsumen Lupa Memastikan IMEI

Jakarta

Begitu ada yang menawarkan iPhone harga murah di toko online atau media sosial, banyak pengguna membeli satu set setiap set tanpa mempedulikan kepastian IMEI. Setelah sinyal hilang, mereka sadar, dan hanya mampu menggigit jari.

Syaiful Hayat, Ketua Hubungan Pemerintahan Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) mengatakan, saat membeli ponsel yang harganya jutaan, Anda perlu berhati-hati. Lihat reputasi toko, kedua lihat harganya.

“Harga produk resmi tidak berbeda jauh antara online dan offline. Selisihnya paling banyak ratusan ribu, karena pajak yang harus dibayar sama. Perbedaannya adalah toko online tidak memerlukan investasi toko dan sebagainya. kata Syaiful dalam diskusi IMEI Control Quavadis yang digelar Indonesia Technology Forum (ITF).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Kalau harganya bisa beda jauh, patut curiga,” tegasnya.

Syaiful merekomendasikan untuk membeli dari toko resmi atau terpercaya. Sehingga ada jaminan pasti soal IMEI dan after sales.

Lalu bagaimana jika Anda sudah terlanjur membeli iPhone yang kini tidak bisa menerima sinyal seluler karena IMEI palsu? Sayangnya, Anda harus gigit jari, karena handset ini hanya bisa menggunakan WiFi untuk koneksi seumur hidup.

Hal ini dibenarkan oleh Nur Akbar Said, Associate Policy Analyst/Ketua Pokja Harmonisasi Standar, Direktorat Standardisasi, Ditjen SDPPI Kominfo yang juga hadir dalam diskusi IFT. Dia menunjukkan bahwa tidak ada aturan yang mengatur pendaftaran ulang perangkat.

“Saya selalu mengatakan bahwa kehati-hatian sangat diperlukan. Karena solusi dari aturan atau undang-undang kami tidak memungkinkan mereka untuk mendaftar ulang,” kata Nur.

“Makanya diperlukan edukasi agar konsumen membeli di gerai resmi. Dan gerai resmi harus menjamin perangkat yang dijual memiliki IMEI yang masuk daftar putih di sistem pemerintah. Kalau konsumen tidak komplain, minta diganti, itu sudah diatur oleh Kementerian Perdagangan tentang perlindungan konsumen,” pungkasnya.

Tonton Video “Cara Cek Kode IMEI di iPhone”
[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)