December 1, 2022
Riwayat Sakit Ki Joko Bodo Sempat Alami Pembengkakan Kaki


Jakarta

Sejak tahun 2020, Ki Joko Bodo mengalami sakit pada tubuhnya. Kedua kakinya bengkak dan sulit baginya untuk berjalan.

“Sudah sebulan lebih. Sama-sama bengkak. Kami orang yang sering meditasi,” kata Ki Joko Bodo saat diwawancarai pada Desember 2020.

Saat itu, Ki Joko Bodo mengaku divonis 6 tahun lagi. Namun, Ki Joko Bodo tidak pernah mengungkapkan penyakitnya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Saya dirawat di Rumah Sakit Port Priok. Kata dokter saya baru berusia 6 tahun. Tapi, sebenarnya… saya tidak percaya pada manusia, saya percaya pada Tuhan,” katanya saat itu.

Ki Joko Bodo pun menjelaskan penyebab kakinya bengkak. Ki Joko Bodo menggunakan tongkat untuk berjalan.

“Ya sakit atau enggak, mikirnya gitu. Bukan jatuh dari kamar mandi, siapa bilang dari kamar mandi, cuma jatuh dari sini (bale rumah) dalam beberapa detik, jadi tiba-tiba. Begini,” kata Ki Joko Bodo.

Ki Joko Bodo memilih pengobatan alternatif. Ki Joko Bodo mengaku lebih dekat dengan Tuhan setelah bertaubat. Dia mengatakan bahwa manusia semakin tua.

“Ya, belajar dari Tuhan itu ampuh. Dalam artian, semakin lama hidup seseorang, semakin tua usianya, misalnya kulit jadi keriput. Gigi jadi ompong, rambut jadi putih. Menurut saya ini wajar. tanda aku menangis sendiri,” katanya.

Putra Ki Joko Bodo, Ayda Prasasti pada 22 Agustus 2022 melaporkan kondisi ayahnya. Ayda mengatakan ayahnya baik-baik saja dan bisa berjalan lagi.

“Sebenarnya tidak berlebihan. Saat itu saya memang sakit dan tidak bisa jalan. Tapi sekarang sudah bisa jalan lagi, jadi tidak apa-apa,” kata Ayda Prasasti.

Ayda merasa ayahnya semakin tua dan itu wajar. Ayda senang ayahnya telah bertobat dan berharap bisa lebih diterima.

Ki Joko Bodo meninggal hari ini. Ayda Prasasti dengan berlinang air mata membenarkan kabar tersebut.

(nanah/basah)