December 2, 2022
Maroko Vs Kroasia Berduel Sore Nanti, Ini 10 Data dan Faktanya


Jakarta

Finalis Piala Dunia 2018 Kroasia akan ditantang oleh Maroko. Simak 10 fakta dan angka menarik seputar pertandingan ini.

Laga Maroko vs Kroasia akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Rabu (23/11/2022) pukul 17.00 WIB. Kedua tim akan memainkan pertandingan Grup F Piala Dunia 2022.

Laga tersebut akan menjadi pertemuan kompetitif pertama antara Maroko dan Kroasia. Luka Modric dkk jelas difavoritkan, namun Atlas Lions masih berpotensi memberi kejutan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Apa pun yang kami lalui di Piala Dunia 2018 adalah pengalaman yang tak terlupakan, tapi kami harus mengesampingkan itu dan fokus pada apa yang akan datang. Lagi pula, banyak pemain muncul di Rusia, tapi sekarang tidak ada. Kami memiliki pemain baru, pemain baru.” darah, dan energi baru,” kata Modric kepada AFP.

Berikut 10 fakta dan angka laga Maroko vs Kroasia dikutip dari Supersport:

1. Ini adalah pertandingan pertama antara Maroko dan Kroasia di Piala Dunia. Satu-satunya pertemuan antara kedua tim adalah di Piala Hassan II pada bulan Desember 1996, dimainkan di Cassablanca. Pertandingan berakhir imbang 2-2, dengan tiga kartu merah dan Kroasia menang 7-6 melalui adu penalti.

2. Kroasia memenangkan dua pertandingan Piala Dunia melawan tim-tim Afrika dengan agregat 6-0. Menyusul kemenangan 4-0 atas Kamerun pada 2014, dan kemenangan 2-0 atas Nigeria pada 2018.

3. Ini akan menjadi penampilan Piala Dunia keenam Maroko, tetapi mereka belum lolos dari babak penyisihan grup sejak 1986, ketika mereka disingkirkan oleh Jerman di babak 16 besar setelah kalah 1-0.

4. Maroko hanya menang sekali dalam 10 pertandingan Piala Dunia terakhir mereka (seri 2, kalah 7). Kemenangan datang dari Skotlandia dengan skor 3-0 di babak penyisihan grup 1998.

5. Tiga belas dari 14 gol Maroko di Piala Dunia berasal dari permainan terbuka. Satu-satunya pengecualian adalah gol Youssef En-Nesyri melawan Spanyol pada 2018, yang tercipta dari sepak pojok.

6. Ini penampilan keenam Kroasia di Piala Dunia. Dalam lima pertandingan sebelumnya, Kroasia tersingkir di babak penyisihan grup (3 kali) atau setidaknya mencapai semifinal (dua kali, termasuk final pada 2018).

7. Kroasia menderita tiga kekalahan dalam pertandingan pembukaan mereka dalam lima penampilan di Piala Dunia. Kecuali pada tahun 1998 (mencapai semifinal) dan 2018 (mencapai final).

8 Youssef En-Nesyri bisa menjadi pemain Maroko pertama yang mencetak gol di dua edisi Piala Dunia yang berbeda. Sebelum ini, En-Nesyri mencetak gol ke gawang Spanyol, empat tahun lalu.

9. Luka Modric telah tampil di lebih banyak turnamen internasional besar dibandingkan pemain Kroasia lainnya (25). Tidak ada pemain yang tampil di Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa dalam tiga dekade terpisah, sesuatu yang mampu dicapai Modric di Qatar.

10. Ivan Perisic telah terlibat dalam lebih banyak gol daripada pemain Kroasia lainnya dalam sejarah turnamen besar (9 gol + 5 assist di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa). Faktanya, Perisic hanyalah satu dari dua pemain Eropa yang mencetak gol dan/atau memberi assist di masing-masing dari lima turnamen besar internasional terakhir. Sementara itu, pemain lain yang dimaksud adalah Cristiano Ronaldo.

Tonton Video “Teknologi Pendingin Canggih yang Disematkan di Stadion Piala Dunia 2022”
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)