August 20, 2022

Jurassic World Dominion mengorbankan plot untuk aksi dan mengajukan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban, membuat pemirsa bertanya-tanya pada banyak plothole.

Peringatan: Mengandung SPOILER untuk Jurassic World: Dominion.

Jurassic World Dominion mengikuti narasi yang cukup tipis yang sangat bergantung pada aksi dinosaurus dan menciptakan banyak plotholes dan momen-momen menggaruk kepala. Menawarkan skor kritikus terendah dari seluruh waralaba di Rotten Tomatoes, Jurassic World Dominion dikemas dengan lebih banyak dinosaurus dan mungkin plot yang kurang masuk akal daripada film Jurassic Park lainnya sebelumnya. Dengan fokus utamanya pada dinosaurus dan urutan aksi, tidak mengherankan jika bagian dari cerita terasa dipaksakan dan penuh lubang.

Garis waktu film Jurassic World Dominion berlangsung empat tahun setelah Jurassic World: Fallen Kingdom dan mengatur dirinya untuk menghadapi dampak dari akhir film kedua di mana dinosaurus dilepaskan ke dunia. Dinosaurus telah menyebar ke seluruh dunia dan pembiakan ilegal serta penyelundupan hewan telah merajalela. Maisie (Isabella Sermon) telah dirahasiakan oleh Owen (Chris Pratt) dan Claire (Bryce Dallas Howard) tetapi sedang diburu oleh BioSyn, sebuah perusahaan yang tertarik dengan kode genetiknya. Ditambah dengan ini, wabah belalang prasejarah telah muncul dan mengancam pasokan makanan global. Fokus film pada dua alur cerita ini pada akhirnya menyebabkan kedua cabang plot bertabrakan dan para pahlawan Jurassic World harus bekerja sama dengan karakter warisan dari Jurassic Park asli.

Artikel Terkait :

Struktur filmnya berantakan dan fokusnya sering tidak jelas. Eksekusinya mengarah ke sejumlah pertanyaan terkait plot dan penggaruk kepala di sepanjang jalan yang tidak pernah dijawab sepenuhnya atau memuaskan. Berikut adalah beberapa plotholes terbesar dan pertanyaan yang ditinggalkan oleh Jurassic World Dominion.

Bagaimana Dinosaurus Menyebar Begitu Cepat?

Jurassic World : Dominion
Jurassic World : Dominion

Mengingat bahwa Dominion terjadi hanya empat tahun setelah Fallen Kingdom, gagasan bahwa dinosaurus telah berkembang biak sedemikian rupa sehingga mereka dapat ditemukan di seluruh dunia dalam jumlah yang agak besar lebih dari sekadar peregangan. Tercatat bahwa beberapa perdagangan ilegal dinosaurus dari Jurassic World telah terjadi sebelum dimulainya film kedua, tetapi bahkan dengan memperhitungkannya, itu mengejutkan pikiran bahwa ada begitu banyak dinosaurus di dunia selama Jurassic World Dominion. Akhir dari Fallen Kingdom menunjukkan hanya sekitar 30 dinosaurus yang dilepaskan ke alam liar, jadi perkembangbiakan mereka begitu cepat tidak masuk akal.

Mengapa Charlotte Tidak Mengungkapkan Temuan Genetiknya Kepada Ilmuwan Lain?

Terungkap di Jurassic World Dominion bahwa Maisie tidak dikloning oleh kakeknya, tetapi diciptakan oleh Charlotte Lockwood untuk menjadi anak yang selalu dia inginkan. Ketika Charlotte mengetahui bahwa dia memiliki penyakit genetik yang pada akhirnya akan membunuhnya, dia mengedit DNA Maisie untuk memastikan mereka tidak memiliki nasib yang sama—sesuatu yang belum diketahui sains modern. Dr. Wu menjadikan Charlotte sebagai pionir ahli genetika yang ingin menggunakan genetika untuk menyelamatkan umat manusia. Ini menimbulkan kepercayaan bahwa dia tidak akan memberikan pengetahuan dan informasi ini kepada ilmuwan lain sebelum kematiannya, tapi itulah yang diklaim oleh Dominion.

Apakah BioSyn Benar-Benar Berpikir Tidak Ada Yang Akan Menangkap The Locust?

Salah satu poin plot terbesar dari Jurassic World Dominion adalah belalang rekayasa BioSyn. Mereka bereplikasi dengan cepat dan lapar akan semua tanaman yang tidak diproduksi oleh BioSyn. Faktanya, mereka memakan semua tanaman kecuali stok BioSyn, mengancam kelaparan global. Film ini tidak pernah membahas bagaimana BioSyn berencana untuk menyembunyikan keterlibatannya dalam pembuatannya yang direkayasa secara genetik. Bahwa BioSyn adalah laboratorium genetika yang berfokus pada DNA prasejarah dan bahwa belalang penuh dengan DNA prasejarah dan tidak memakan tanaman BioSyn adalah senjata yang berbahaya sehingga Ellie dan Alan bahkan tidak perlu menyusup ke fasilitas BioSyn untuk membuat tuduhan menempel.

Mengapa Maisie Dan Beta Diperlukan Untuk Menghentikan The Locust?

BioSyn berusaha keras dan menghabiskan banyak uang di Jurassic World Dominion untuk menculik bayi raptor misterius Maisie dan Blue, Beta, tetapi alasan yang diberikan untuk itu hanyalah kertas tipis. DNA Maisie yang diubah konon memegang kunci agar Dr. Wu mampu memusnahkan belalang yang dia ciptakan dan DNA Beta yang tidak berubah berfungsi sebagai semacam kontrol untuk eksperimennya. Ini menunjukkan bahwa setiap keturunan kadal monitor yang identik secara genetik akan melakukannya dan bahwa Beta tidak benar-benar diperlukan untuk eksperimennya. Ini juga merupakan sentuhan yang membingungkan bahwa ilmuwan yang merancang belalang dari bawah ke atas tidak akan mampu merancang wabah untuk membunuh mereka. Alasan lebih nyaman plot daripada masuk akal. Rasanya seolah-olah situasi khusus dirancang untuk memungkinkan dua tim protagonis yang berbeda akhirnya bertemu dan bekerja sama.

Dari Mana Dodgson Mendapatkan Barbasol Can?

Dalam sedikit nostalgia dan layanan penggemar yang sangat aneh, ditunjukkan bahwa Lewis Dodgson memiliki kaleng Barbasol yang digunakan oleh Dennis Nedry untuk mengangkut embrio dari Jurassic Park yang asli. Masalahnya kaleng tersebut hilang oleh Nedry saat diserang dan dibunuh oleh Dilophosaurus. Itu akhirnya hanyut ke dalam lumpur, tampaknya hilang selamanya di pulau itu. Mengingat bahwa embrio dinyatakan hanya dapat hidup selama 36 jam di dalam kaleng Barbasol, tidak masuk akal jika Dodgson akan bersusah payah dan mengeluarkan biaya untuk mengambilnya di Jurassic World Dominion.

Mengapa Trik Owen Bekerja Pada Dinosaurus Selain Blue?

Trik yang sering diulang dalam film Jurassic World adalah Owen mengambil posisi melebar dan mengangkat tangannya untuk menenangkan raptor yang dia latih dan menarik perhatian mereka. Trik ini tampaknya cukup untuk menghentikan dinosaurus apa pun yang ditemuinya di Jurassic World Dominion. Untuk alasan yang tidak diketahui, jurus ini bahkan efektif jika digunakan oleh karakter selain Owen. Mungkin dunia telah belajar bahwa dinosaurus takut pada tangan yang terulur. Apa pun alasannya, tidak pernah dijelaskan mengapa ini berhasil di Dominion.

Mengapa T-Rex Dan Therizinosaurus Bekerja Sama?

Jurassic World Dominion memperkenalkan sejumlah dinosaurus baru, termasuk Therizinosaurus yang tampak aneh dan cakarnya yang menakutkan dan fasilitas pemangsa puncak baru BioSyn, Giganotosaurus. Pada satu titik, Tyrannosaurus rex bertemu dengan Giganotosaurus dan ditakuti oleh kekuatannya. Menjelang akhir Dominion, keduanya bertarung lagi dan T-Rex masih belum bisa menang—sampai Therizinosaurus masuk untuk membantu. Dengan bantuannya, T-Rex memenangkan pertarungan dengan Giganotosaurus. Keduanya tidak pernah terbukti bekerja sama sebelum momen ini dan tidak pernah dijelaskan mengapa mereka terpaksa melakukannya.

Mengapa Mosasaurus Tidak Pernah Tertangkap?

Menjelang pembukaan Jurassic World Dominion, seekor Mosasaurus ditampilkan menyerang sebuah kapal besar. Ini kemungkinan akan menjadi Mososaurus yang sama yang pertama kali diperkenalkan di Jurassic World. Ditunjukkan bahwa BioSyn telah menangkap dinosaurus terbesar, paling langka, dan paling berbahaya dan membawa mereka ke fasilitas mereka, jadi tidak jelas mengapa Mosasaurus dibiarkan berkeliaran bebas. Mungkin mereka tidak memiliki tempat yang bagus untuk menyimpan Mosasaurus, tetapi itu mengejutkan pikiran bahwa tidak ada lembaga pemerintah yang tidak menangani apa yang jelas merupakan bahaya berkelanjutan bagi laut.

Maisie Retcon Jurassic World Dominion Tidak Masuk Akal

Jurassic World: Fallen Kingdom sangat menyarankan bahwa Maisie adalah produk dari kakeknya yang mengkloning Charlotte setelah kehilangan dia dalam suatu kecelakaan. Jurassic World Dominion menceritakan asal usul tiruan Maisie, dengan dijelaskan bahwa Charlotte membawa Maisie ke masa kehamilan dan bahkan membesarkannya untuk sementara waktu ketika dia masih bayi. Mengingat apa yang terungkap di Fallen Kingdom, ini tidak masuk akal sama sekali.

Jurassic World Dominion menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Banyaknya lubang plot membuat orang bertanya-tanya apakah beberapa elemen plot penting terlewatkan di lantai ruang potong. Apa pun alasannya, Jurassic World Dominion berjuang untuk memahami plotnya dan membiarkan penontonnya menyatukan cerita yang terfragmentasi.