December 2, 2022
Kominfo Kebut Pemulihan Jaringan Seluler yang Down Imbas Gempa Cianjur

Jakarta

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Infokom) mengungkapkan keadaan saat ini jaringan telekomunikasi di daerah yang terkena setelahGempa CianjurJawa barat.

Gempa berkekuatan 5,6 SR terjadi pada kedalaman 10 kilometer pada Senin (21/11/2022) pukul 13:21:10 WIB dengan pusat gempa di sekitar Sukabumi, Cianjur, Jawa Barat yang berdampak pada beberapa infrastruktur telekomunikasi di daerah tersebut. daerah itu.

Cominfo juga telah memantau dan mendorong operator selular melakukan mitigasi untuk pemulihan pelayanan kepada masyarakat.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Plt. Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail mengatakan, gangguan terjadi akibat terputusnya pasokan listrik ke lokasi Base Transmitter Station (BTS).

“Kominfo telah memantau kondisi layanan seluler dan telah meminta operator seluler untuk menyediakan pasokan listrik cadangan dengan mobile back-up power (MBP) dan mobile generator,” jelasnya dalam siaran pers.

Ismail mengatakan, pada pukul 18.30 WIB, langkah pemulihan sudah dilakukan Telkomsel untuk 118 BTS yang mengalami gangguan pasokan listrik. Indosat Ooredoo Hutchison saat ini sedang memulihkan 10 lokasi BTS yang terkena dampak di Sukabumi dan 81 lokasi BTS di Cianjur. ketika XL Axiata mencoba memulihkan 63 situs BTS yang terpengaruh juga Smartfren memulihkan 12 situs BTS.

“Dalam pelayanan secara umum jaringan telekomunikasi ponsel masih relatif aman dengan catu daya genset. Kami dan para operator seluler berusaha menjaga kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik kepada masyarakat,” kata Ismail

Lebih lanjut Ismail mengungkapkan, secara umum jaringan backbone Telkom Indonesia (DWDM Transport dan Metro E Link) dalam keadaan aman. Meski ada beberapa Automated Call Center (STO) yang paling dekat dengan episentrum terdampak, upaya mitigasi telah dilakukan.

“Pelayanan di STO Cianjur, Cibeber, Sukanegara dan Sukaresmi dilaporkan normal, aliran listrik atau PLN padam dan sementara genset digunakan,” jelasnya.

Ismail menambahkan, Kominfo dan operator telekomunikasi seluler terus memantau kapasitas dan kualitas jaringan telekomunikasi di daerah yang terkena gempa.

“Kemudian mengambil langkah pemulihan infrastruktur telekomunikasi yang mengalami gangguan bila perlu,” pungkasnya.

Tonton Video “Gempa Cianjur Pengaruhi Infrastruktur Telekomunikasi”
[Gambas:Video 20detik]

(Agustus/afr)