December 2, 2022
Jerman Kalah Bukan Gara-gara Protes One Love


Jakarta

Film Hansi menolak untuk mencari alasan untuk kekalahan Jerman dari Jepang. Dia menepis anggapan bahwa fokus Jerman terganggu oleh protes pra-kick-off.

Jerman kalah dari Jepang dalam pertandingan Grup E pertama mereka Piala Dunia 2022. Berlaga di Khalifa International Stadium, Doha, Rabu (23/11/2022) malam WIB, Die Mannschaft yang awalnya memimpin akhirnya kalah dengan skor 1-2.

Jerman telah menjadi perhatian dan diskusi melalui protes mereka saat mengambil gambar sebelum kick-off. Manuel Neuer dkk. terlihat berpose sambil menutup mulutnya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Langkah tersebut menandai protes Jerman terhadap larangan FIFA pada kampanye One Love yang dijalankan oleh beberapa negara untuk mendukung keragaman dan mendukung orang-orang LGBT. FIFA melarang kampanye tersebut dan meminta semua peserta untuk menghormati Qatar, yang melarang LGBT.

Flick membantah protes tersebut sebagai penyebab kekalahan Jerman. Dia menegaskan protes itu tidak mengganggu fokus timnya.

“Tidak, kami tidak ingin membuat alasan. Itu terlalu murah untuk saya,” ujar Flick seperti dilansir Eurosport.

Akibat kekalahan dari Jepang, Jerman kini berada di urutan ketiga klasemen Grup E dengan poin nol. Sedangkan posisi pertama dan kedua diisi oleh Spanyol dan Jepang.

“Tentu saja dengan kekalahan ini dan nol poin kami berada di bawah tekanan, tidak diragukan lagi,” kata Flick.

“Kami hanya menyalahkan diri kami sendiri. Kami harus memastikan kami keluar dari ini, kami harus berani, kami membutuhkan agresi dalam pertandingan yang dibutuhkan di Piala Dunia.”

Jerman selanjutnya akan menghadapi Spanyol pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Senin (28/11/2022) dini hari WIB. Berbeda dengan Jerman, Spanyol mencatatkan kemenangan besar 7-0 atas Kosta Rika di pertandingan pertama mereka.

(nds/adp)