December 3, 2022

Apple iOS 16, pembaruan perangkat lunak utama iPhone berikutnya, terasa segar dan kontemporer di atas kertas. Dipratinjau pada keynote WWDC tahunan perusahaan, iOS 16 akan mengantarkan peningkatan yang berfokus pada membuat komunikasi, personalisasi, dan privasi lebih mudah. Ini termasuk sejumlah pembaruan signifikan untuk layar kunci iPhone, aplikasi Pesan, dan Wallet Anda.

Beta pengembang iOS 16 saat ini keluar, dengan versi beta publik datang pada bulan Juli. iOS 16 akan diluncurkan musim gugur ini, kemungkinan bersamaan dengan iPhone 14 yang banyak dirumorkan. Perangkat lunak baru ini akan bekerja pada model iPhone 8 dan yang lebih baru.

Inilah setiap fitur iOS 16 yang harus Anda ketahui.

Baca Juga :

Fitur Edit dan ‘batalkan pengiriman’ di Message

“Kesalahan ketik yang sudah berlalu,” kata Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi saat memperkenalkan tiga fitur yang paling banyak diminta untuk aplikasi Pesan.

Pertama, di iOS 16 Anda dapat membuat pesan terkirim. Jadi, jika Anda melihat kesalahan ketik setelah sebuah pesan, Anda akan dapat menghapus pesan tersebut setelahnya. Sebuah “diedit” kecil muncul di status di bawah pesan.

In Messages, you can edit previously sent messages.
In Messages, you can edit previously sent messages.

Selanjutnya, dan ini mungkin fitur baru favorit saya, Anda dapat segera mengingat pesan terkirim. Jika Anda secara tidak sengaja mengirim pesan yang belum selesai, Anda dapat menggunakan alat Undo Send agar tidak terbaca dan mudah-mudahan terlihat tidak terlalu kacau bagi teman dan keluarga Anda.

Terakhir, Anda dapat menandai pesan dan utas sebagai belum dibaca. Ini bisa menjadi alat yang sangat baik ketika Anda tidak punya waktu untuk menanggapi pesan pada saat itu, tetapi ingin memastikan Anda kembali lagi nanti.

Layar kunci baru yang dapat disesuaikan

Salah satu hal yang paling Anda lihat di iPhone adalah layar kunci, terutama jika Anda memiliki iPhone yang dilengkapi Face ID. iOS 16 menghadirkan pembaruan paling substansial ke layar kunci iPhone. Tekan dan tahan untuk mengedit layar kunci Anda. Anda dapat menggesek untuk mencoba beberapa gaya berbeda. Setiap gaya mengubah filter warna untuk foto latar belakang dan font di layar kunci sehingga semuanya saling melengkapi. Ini terasa seperti Apple mengambil Google Material You, yang diluncurkan dengan Android 12.

Anda juga dapat menyesuaikan font untuk waktu dan tanggal, dan menambahkan widget layar kunci seperti suhu, cincin aktivitas, dan kalender. Widget mirip dengan komplikasi pada layar kunci Apple Watch.

Anda bahkan dapat mengatur beberapa layar kunci yang disesuaikan dengan widget yang berbeda dan dengan mudah menggesek untuk beralih di antara mereka. Bahkan ada opsi pengocokan foto yang secara otomatis mengubah gambar di layar kunci Anda.

Salah satu fitur yang kami harap dapat ditambahkan oleh Apple adalah tampilan yang selalu aktif. Ini adalah sesuatu yang dimiliki hampir semua ponsel Android; bahkan Apple Watch melakukannya. Ada harapan itu akan keluar dengan iPhone 14.

iOS 16 adds a feature that developers can use called Live Activities. This is essentially a mini view of the real-time progress of a workout, sporting event or Uber ride from your iPhone's lock screen.
iOS 16 adds a feature that developers can use called Live Activities. This is essentially a mini view of the real-time progress of a workout, sporting event or Uber ride from your iPhone’s lock screen.

Pemberitahuan dan aktivitas langsung

Terkadang notifikasi dapat menutupi foto layar kunci Anda, jadi iOS 16 memindahkan notifikasi ke bagian bawah layar Anda. Saat Anda menerimanya, alih-alih dikompilasi ke dalam daftar, mereka muncul seperti korsel vertikal. Ini tidak hanya terlihat lebih baik tetapi harus menjadi bantuan besar untuk penggunaan satu tangan dari iPhone Anda.

iOS 16 juga bertujuan untuk memecahkan masalah notifikasi lainnya. Terkadang Anda mendapatkan banyak notifikasi berturut-turut dari satu aplikasi, seperti skor pertandingan bola basket. Alat baru untuk pengembang yang disebut Aktivitas Langsung memudahkan untuk tetap mengetahui hal-hal yang terjadi secara real time dari layar kunci Anda, daripada mendapatkan serangkaian gangguan.

Aktivitas Langsung harus memudahkan untuk mengikuti acara olahraga, latihan, atau bahkan kemajuan perjalanan Uber.