December 1, 2022
Ini Sebutan UFO dalam Bahasa Indonesia, Orang Jarang Tahu

Jakarta

Kita lebih familiar dengan istilah tersebut UFO yang merupakan singkatan dari unidentified flying object, mengacu pada penampakan benda terbang yang tidak dikenal. Banyak orang yang tidak tahu, UFO memiliki istilah bahasa Indonesia yaitu BETA alias Benda Terbang Alien.

Mohammad Reza Wardhana, ketua komunitas pemerhati UFO bernama BETA UFO Indonesia menjelaskan, istilah BETA dicetuskan oleh Marsekal Muda TNI (Purn) Jacob Salatun. Ia merupakan salah satu tokoh dirgantara Indonesia.

Salatun menjadi perencana pendirian Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) dan menjadi Menteri Industri Penerbangan pada Kabinet Dwikora III pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Foto: detikcom

“BETA adalah singkatan dari UFO. Singkatan ini berasal dari Pak Salatun, almarhum. Beliau adalah salah satu pendiri LAPAN dan Ketua LAPAN pada tahun 70-an,” kata Reza saat siaran langsung ‘Eureka! UFO Melayang’, Senin (21/11/2022).

“Selama menjabat sebagai Kepala LAPAN, dia meliput laporan penampakan UFO yang dilihat masyarakat Indonesia. Dia kemudian memicu BETA sebagai istilah UFO dalam bahasa Indonesia itu benda terbang aneh atau benda terbang asing,” lanjutnya.

Istilah lain yang digunakan adalah piring terbang atau dalam bahasa Inggris piring terbang. Ada juga kata Perancis yang disebut OVNI yang artinya objet volant non identifique.

“Walaupun kita sudah ada istilah BETA, tapi orang Indonesia sering menyebutnya UFO, jadi kita kembalikan ke istilah internasional,” kata Reza.

Penggunaan istilah UFO sebagai penampakan fenomena benda terbang misterius pertama kali disebutkan pada tahun 1952 oleh Kapten Edward J Ruppelt, pimpinan pertama Project Blue Book. Ia menyebutnya UFO karena menurutnya penggunaan istilah piring terbang tidak menggambarkan penampakan yang berbeda.

Istilah ini biasanya diucapkan dengan mengucapkan satu huruf pada satu waktu: UFO Istilah asing ini dengan cepat diadopsi oleh Angkatan Udara, yang juga segera menggunakan istilah ‘UFOB’ sekitar tahun 1954.

Ruppelt menceritakan pengalamannya dengan Project Blue Book dalam catatannya, “The Report on Unidentified Flying Objects” yang diterbitkan pada tahun 1956. Ini juga merupakan buku pertama yang menggunakan istilah ini. UFO.

Tonton Video “Pengembaraan UFO”.
[Gambas:Video 20detik]

(rns/fay)