December 1, 2022
Herve Renard Masterclass!


Lusail

Herve Renard adalah tokoh kunci di balik kekalahan mengejutkan Arab Saudi dari Argentina. Taktik tekanan tinggi yang diterapkannya membuat Tim Tango sangat sulit.

Arab Saudi membuat kejutan dengan mengalahkan Argentina 2-1 pada pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Selasa (22/11) malam WIB. Argentina memimpin lewat tendangan penalti Lionel Messi pada menit ke-10.

The Green Falcons membalikkan keadaan di babak kedua. Gol Arab Saudi dicetak oleh Saleh Al Shehri (menit ke-48) dan Salem Al Dawsari (53′).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Keberhasilan Arab Saudi mengalahkan tim Tango yang merupakan salah satu tim unggulan tak lepas dari taktik jitu pelatih Herve Renard. Tertinggal di awal pertandingan, Renard berani melakukan tekanan tinggi.

Arab Saudi langsung menekan pemain Argentina yang menguasai bola. Mereka menerapkan garis pertahanan yang tinggi.

Para pemain Arab Saudi juga memainkan jebakan offside yang sangat apik. Jelas, tiga gol Argentina harus dianulir karena offside di babak pertama. Tim Albiceleste mampu mengguncang gawang Arab setelah gol pertama Lionel Messi dan dua gol Lautaro Martinez.

Usai jeda, Arab Saudi semakin agresif melakukan tekanan tinggi. Alhasil, mereka mampu mencetak gol penyeimbang tiga menit memasuki babak kedua.

Gol ini diawali oleh Messi yang kehilangan bola di tengah akibat tekanan dari dua pemain Arab Saudi. Abdulelah Al Malki yang mendapatkan bola langsung mengalirkannya dengan cepat ke depan.

Saleh Al-Shehri mendapat ruang. Ia kemudian melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti yang bersarang di pojok gawang Emiliano Martinez.

Al Malki pada laga ini sepertinya mendapat tugas khusus untuk menekan Messi. Ia hampir selalu dekat dengan La Pulga.

Abdulelah Al Malki terus mengawasi Lionel Messi (Foto oleh Mohammed Dabbous/Anadolu Agency via Getty Images) Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency

Sukses mencetak gol penyama, Arab Saudi tak mengendurkan tekanan. Gol kedua datang lima menit kemudian lewat aksi individu Salem Al Dawsari.

Arab Saudi hanya mengurangi tekanan di pertengahan babak kedua. Mereka bermain rendah untuk meredam serangan Argentina. Arab Saudi tampil perkasa mempertahankan keunggulan hingga akhir pertandingan.

Efektivitas juga memainkan peran penting dalam keberhasilan taktik Renard menuju kemenangan. Arab Saudi membuat dua gol melawan Argentina dari hanya tiga tembakan yang dilepaskan dalam 90 menit.

Renard memang pelatih yang suka memberi kejutan. Sebelumnya, dia memimpin Zambia dan Pantai Gading untuk pertama kalinya menjuarai Piala Afrika. Pemain Prancis itu juga membuat Maroko lolos ke Piala Dunia setelah absen selama 20 tahun pada 2018.

Tonton Video “Teknologi Pendingin Canggih yang Disematkan di Stadion Piala Dunia 2022”
[Gambas:Video 20detik]
(pur/af)