December 2, 2022
Crop Circle, Bikinan Manusia atau Bukan?

Jakarta

Fenomena lingkaran tanaman telah mengejutkan Indonesia, bahkan yang berhasil masuk Berbah, Sleman, Yogyakarta Tahun 2011 masih belum selesai sampai sekarang. Akhirnya, pendapat terbagi. Ada yang percaya bahwa crop circle adalah buatan manusia, namun ada juga yang beranggapan bahwa crop circle bisa dibuat oleh makhluk yang sangat cerdas dari luar angkasa alias alien.

Ketua Komunitas Mohammad Reza Wardhana UFO BETA memberikan pendapatnya di acara ‘Eureka! Masalah 11: Melayang UFO’, sekali waktu. Saat itu BETA UFO yang sudah memiliki anggota yang tersebar di seluruh Indonesia berkesempatan untuk hadir di lokasi tersebut. Saat itu, ada seorang pria bernama Bondan yang berasal dari BETA UFO Yogyakarta ikut terjun ke lapangan.

Saat itu, tumbuhan di sawah dan ladang jagung digambarkan melengkung dan membentuk pola yang unik. Pembuatan crop circle diyakini dilakukan mulai tengah malam hingga dini hari.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Pagi hari, saat petani mau ke sawah, dia melihat tanaman meliuk-liuk. Memang ada bukit yang bisa kita daki dengan mudah, kalau dilihat dari atas seperti membentuk pola,” ujarnya.

Uniknya, menurut Reza, TKP dikepung polisi. Berbagai pihak akhirnya menelaah dan memberikan pendapatnya masing-masing. Demikian pula, BETA UFO percaya bahwa kemampuan manusia pada saat itu tampaknya tidak mungkin untuk membentuk pola lingkaran tanaman yang rumit dalam waktu sesingkat itu dan tidak diketahui orang lain.

“Kemudian saya tanya Pak Bondan apakah manusianya membuat crop circle di Sleman atau tidak. Pak Bondan lalu bilang, dulu ada lomba tanpa hadiah: siapa saja yang mengaku bisa membuat crop circle yang sama boleh tampil. Tapi ternyata tidak terjadi apa-apa,” ujarnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah belum ada saksi mata yang bisa memastikan bahwa crop circle itu dibuat oleh manusia. Karena itu BETA UFO masih mempertanyakan siapa yang membuat crop circle ini. “Kalau contoh dibuat oleh manusia, usahanya besar,” lanjut Reza.

Kesimpulannya, dari kejadian awal Januari 2011, BETA-UFO menganggap bahwa crop circle tersebut tidak mungkin buatan manusia. Dari penyelidikan ilmiah, UFO BETA percaya ini setelah ditemukan bahwa ada nikel di daerah yang tidak memiliki kandungan nikel sama sekali.

Tonton Video “Mengungkap Misteri Crop Circle, Benarkah Dibuat Alien?”
[Gambas:Video 20detik]

(ditanya/ditanya)