December 1, 2022
BNPP-Fopertas Dorong Potensi Kawasan Perbatasan RI-Malaysia

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) bersama Forum Perguruan Tinggi Perbatasan (FOPETAS) memulai pengembangan kerjasama pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis agroekowisata perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Kegiatan yang akan dilakukan antara lain Focus Group Discussion (FGD), pengembangan inovasi bisnis (Border Lab) dan pelatihan pemasaran bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengelolaan desa wisata pada tanggal 21-22 November 2022. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dihadiri oleh para pelaku UKM, Satker Pramuka Pariwisata, Gerakan Pesona Indonesia, Kelompok Sadar Wisata, dan Karang Taruna.

Sekretaris BNPP RI, Restuardy Daud menyampaikan dukungan dan fasilitasi yang dilakukan FOPERTAS. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan wilayah perbatasan, baik darat maupun laut.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Salah satu upaya pengelolaan perbatasan negara, kata dia, dilakukan melalui strategi pengembangan kerjasama dengan perguruan tinggi (akademik) yang merupakan bagian dari kerjasama Pentahelix. Demikian penjabaran dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 118 Tahun 2022 tentang Rencana Induk Pengelolaan Kawasan Perbatasan dan Perbatasan Nasional (Renduk PBWN-KP) Tahun 2020-2024.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi wisata di perbatasan Paloh, antara lain pemanfaatan teknologi tepat guna bagi kelompok usaha masyarakat di bidang pariwisata (UKM), pemasaran produk UMKM, akses informasi keuangan termasuk modal usaha, serta berpartisipasi dalam mendorong inovasi masyarakat lokal,” kata Restaardy, Minggu (20/11/2022).

Dalam rangkaian kegiatan ini, BNPP, FOPERTAS bersama Pemkab Sambas juga akan membahas upaya kerjasama untuk menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat terkait dengan program laboratorium frontier yang direncanakan universitas ke depan. Tema kegiatan di Temajuk yang diangkat adalah Border Edu-Ecotourism sesuai dengan potensi unggulan daerah di bidang pariwisata.

Lebih lanjut dijelaskan Restuardy, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk transfer ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi lainnya yang diharapkan dapat membentuk kemandirian masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya, melalui pendekatan community development yang berkelanjutan.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat diperoleh referensi best practice inkubator bisnis yang efektif dan efisien di tingkat lokal dan dapat direplikasi di daerah perbatasan lainnya.

Lebih lanjut, kata Restuardy, Paloh merupakan salah satu lokasi implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Sehubungan dengan kecepatan pembangunan ekonomi, sektor pariwisata merupakan sektor yang berkembang pesat dan strategis sebagai sumber devisa negara dan devisa negara, pencipta lapangan kerja dan peluang usaha, serta media pelestarian nilai-nilai budaya di Indonesia. arah pengembangan pariwisata, terutama dilihat sebagai penggerak ekonomi. Inilah yang ingin kami kembangkan di Temajuk-Paloh.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu membentuk wirausaha dalam mengembangkan potensi di daerahnya, adanya kegiatan wirausaha khususnya dalam meningkatkan usaha kecil, terbentuknya SDM yang handal dalam mengembangkan potensi unggulan di daerah perbatasan, penguatan kelembagaan desa wisata , dan penyusunan dokumen referensi kajian kerjasama strategis dalam pengelolaan potensi perbatasan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

FOPERTAS sendiri merupakan forum 12 perguruan tinggi yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan perbatasan, baik dalam penelitian maupun implementasi di lapangan. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Tanjungpura, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Padang, Universitas Mulawarman, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Surabaya, Institut Teknologi Bandung.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Berikutnya

Hari UMKM Nasional: Alfamart Dukung Pemulihan Ekonomi

(dpu/dpu)