December 1, 2022
Asal Muasal UFO Sering Disebut Piring Terbang

Jakarta

Kebanyakan orang berpikir begitu UFO atau BETA (Benda Terbang Aneh/Aneh) berbentuk seperti piring terbang. Istilah ini sebenarnya berasal dari misinformasi.

“Istilah piring terbang sebenarnya tidak mengacu pada bentuk. Berdasarkan kamus Cambridge, piring terbang adalah benda yang terlihat di langit yang diduga atau disalahartikan sebagai kendaraan luar angkasa,” kata Mohammad Reza Wardhana, Kepala Divisi. Komunitas BETA UFO Indonesia dalam siaran langsung “Eureka ! UFO Hovering”, Senin (21/11/2022).

Dia menjelaskan, istilah piring terbang sebenarnya bukan tentang bentuk benda yang mirip piring. Ini bermula dari laporan Kenneth Arnold pada tahun 1947 tentang melihat sembilan objek dengan gerakan terbang yang aneh.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Arnold mengatakan, objek yang dilihatnya saat berada di sekitar Gunung Rainier, Washington, terbang seperti cawan yang dilempar ke permukaan air. Jadi sebenarnya cawan terbang itu mengacu pada gerakannya, bukan bentuknya,” kata Reza.

Laporan Arnold menarik minat publik dan media massa saat itu, sehingga memunculkan istilah piring terbang dan piringan terbang. Meskipun Arnold sendiri yang menggambarkan bentuknya BETA apa yang dilihatnya seperti bulan sabit dan bulan datar, sama sekali tidak bulat seperti cawan atau piringan.

“Jadi inilah informasi yang salah yang telah digunakan selama beberapa dekade, itu UFO bentuknya seperti piring terbang dan banyak orang yang mempercayainya,” katanya.

Setelah laporan Arnold menjadi terkenal, beberapa minggu kemudian muncul ratusan laporan penampakan yang berbeda. Banyak yang berasal dari Amerika Serikat, tetapi juga tidak sedikit dari negara lain.

Tonton Video “Pengembaraan UFO”.
[Gambas:Video 20detik]

(rns/fay)