December 1, 2022
Aneh, Kawanan Domba Berjalan Melingkar 12 Hari Tanpa Henti

Jakarta

Sekawanan domba tertangkap berjalan melingkar selama dua belas hari tanpa henti. Perilaku aneh ini membuat pemiliknya bingung dan penasaran.

Kejadian ini terjadi di kota Baotou, Mongolia, pada 4 November lalu. Menurut laporan media lokal, domba terlihat bergerak searah jarum jam terus menerus di kandangnya.

Video tersebut diunggah ke media sosial dan menjadi viral. Kebanyakan orang terkagum-kagum dan mencoba memahami tingkah laku domba-domba itu.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dikutip dari Daily Mail, pemilik domba, Miao, juga mengaku kaget melihat tingkah hewan peliharaannya. Ia mengatakan, perilaku tersebut awalnya hanya dilakukan oleh beberapa ekor domba, namun kemudian diikuti oleh domba lainnya.

Dalam rekaman CCTV, ratusan domba terlihat saling mengikuti dalam lingkaran. Domba lain berdiri di tengah lingkaran, dan beberapa akhirnya bergabung.

Ada 34 kandang domba di peternakan, tapi hanya 13 domba di kandang yang bergerak aneh. Tidak diketahui apa yang menyebabkan domba berperilaku seperti itu.

Namun, ada penyakit yang menyebabkan beberapa hewan terlihat bingung dan mulai berputar, yang disebut listeriosis. Penyakit ini dapat mengiritasi salah satu sisi otak dan menyebabkan domba berperilaku aneh.

Perlakuan domba seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Di Sussex, Inggris, kawanan domba menimbulkan kegemparan serupa tahun lalu ketika mereka terlihat berdiri dalam lingkaran konsentris.

Para ilmuwan telah lama mempelajari mengapa beberapa hewan lain, seperti hiu dan kura-kura, bergerak dalam pola melingkar. Namun, mereka belum sampai pada kesimpulan tentang penyebabnya.

Tonton Video “Bertemu Domba Aduan dari Garut”
[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)